Sabtu, 28 September 2013

Teknik Pengembangan Paragraf Beserta Contoh

UMUM-KHUSUS

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam itu baik yang terbaharukan maupun yang tidak terbaharukan. Salah satu contoh sumber daya alamnya adalah gas alam. Indonesia tercatat memiliki cadangan gas alam sebesar 98 triliun kaki persegi yang tersebar di seluruh Indonesia dan menduduki urutan ke-11 dari seluruh Negara di dunia dengan cadangan gas alam terbanyak.




KHUSUS-UMUM

PT Freeport merupakan salah satu perusahaan asing terbesar pada bidang pertambangan yang beroperasi di Papua. Begitu pula dengan PT Newmont Nusa Tenggara yang beroperasi di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Berbagai perusahaan asing lainnya yang beroperasi di indonesia antara lain PT INCO, PT Nusa Halmahera Minerals, PT Newmont Minahasa Raya, dan masih banyak lagi. Berbagai perusahaan tersebut menandakan bahwa Indonesia masih dijajah oleh bangsa lain dalam bidang pertambangan.



PERBANDINGAN

Berdasarkan rapat yang telah dilaksanakan oleh petinggi PT Bukit Asam (PT BA), perusahaan BUMN ini akan menargetkan peningkatan produksi batubara yang sangat drastis. Berdasarkan rapat tersebut telah diambil kesimpulan bahwa perusahaan ini akan menargetkan hasil produksi tahun ini sekitar 17 juta ton batubara, dibandingkan dengan hasil produksi tahun kemarin yang hanya 7 juta ton. Hal tersebut membuat para karyawan operator alat berat menjadi heran yang dikarenakan peningkatan hasil produksi yang sangat drastis. Mengapa demikian? Hal ini didasari atas permintaan perusahaan perusahaan asing yang berada di luar negeri agar mengekspor batubara dari PT BA lebih banyak lagi, begitu juga dengan beberapa PLTU yang ada di Indonesia.



ANALOGI

Menuntut ilmu sama halnya dengan usaha untuk mendapatkan mineral yang mahal dalam penambangan. Untuk mencapai kesuksesan, kita perlu usaha yang keras dan ketekunan serta ketelitian untuk dapat berhasil suatu saat nanti. Demikian pula halnya dengan penambangan, untuk mendapatkan mineral yang berharga seperti berlian diperlukan usaha yang besar untuk menggali jauh ke dalam permukaan bumi untuk mendapatkan berlian, karena letak berlian jauh di dalam permukaan bumi.



SEBAB AKIBAT

Dunia pertambangan memang menjanjikan. Hampir semua dari pekerja di bidang pertambangan memiliki kehidupan yang layak. Bahkan ada pula yang menjadi orang yang memiliki pendapatan yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan jurusan pertambangan di seluruh universitas menjadi sasaran untuk lanjutan studi dari siswa-siswi lulusan SMA.



DEFINISI LUAS

Penambangan merupakan proses penggalian permukaan bumi untuk mendapatkan mineral berharga yang memiliki nilai jual yang tinggi. Penambangan juga tidak hanya pada kegiatan pengambilan mineral, melainkan juga tentang bagaimana teknik pengolahannya agar benar-benar memiliki nilai jual yang tinggi.



KLASIFIKASI

PT Bukit Asam (PT BA) merupakan perusahaan pertambangan milik negara yang bergerak di bidang pertambangan batubara. PT BA terletak di daerah Tanjung Enim, kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Pada kegiatan pengangkutan batubara, Perusahaan tambang ini menggunakan alat transportasi yang disebut Dump Truck di mana Dump Truck tersebut memiliki tiga jenis yang berukuran berbeda dan kapasitas muatan yang berbeda. Dump Truck kecil memiliki kapasitas muatan sebesar 50 ton batubara, Dump Truck sedang memiliki kapasitas muatan sebesar 100 ton, dan Dump Truck besar memiliki kapasitas muatan sebesar 150 ton. Dump Truck tersebut dapat kita bedakan hanya dengan melihat ukurannya saja.



FAKTA

PT INCO merupakan perusahaan pertambangan yang terletak di daerah Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Utara , Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi konsesi awal PT INCO secara geografis berada pada posisi 120o 45’ - 123o 30’ BT (Sua-sua sampai Torokulu) dan 6o30’-5o30’ LS (Kolonedale sampai Malapulu). Sorowako merupakan daerah pertambangan nikel di sebelah utara Teluk Bone, tepatnya 60km dari Pantai Malili.



CONTOH

Dalam memulai suatu kegiatan penambangan hendaknya dipikirkan terlebih dahulu aspek-aspek yang dianggap penting. Misalnya, sebelum melakukan penambangan hendaknya memperhitungkan dulu berapa kira-kira sumber cadangan yang ada, ketersediaan alat, transportasi, dan keuntungan yang diperoleh. Hal ini bertujuan agar memperkecil kerugian yang terjadi dan memperbesar keuntungan dalam penambangan tersebut.



DENGAN MEMBERIKAN ALASAN

Mahasiswa Pertambangan perlu melakukan kegiatan praktik di lapangan. Perlunya praktik di lapangan karena setiap lulusan mahasiswa pertambangan nanti, diharapkan bisa memiliki kualitas dan skill yang baik dan berpengalaman di lapangan. Hal tersebut akan menciptakan penambang-penambang Indonesia yang berkualitas.

Translate