Rabu, 30 Januari 2013

Mengapa Tuhan harus turun ke dunia ini dan mati hanya untuk menyelamatkan manusia?

"Mengapa Tuhan harus turun ke dunia ini dan mati hanya untuk menyelamatkan manusia..??"

Pertanyaan ini mungkin tidak asing lagi kita dengarkan mungkin dari rekan-rekan kita yang non-kristen ataupun juga kadang dipertanyakan rekan-rekan seiman kita yang ingin lebih memahami Alkitab.. Kami ingin sedikit berbagi pemahaman kepada teman-teman sekalian terkait pertanyaan tersebut. Kami percaya bahwa kita semua dimampukan untuk bisa mengerti karya Allah yang luar biasa karena kita telah dibekali senjata yang paling ampuh untuk memahami Firman Tuhan yaitu "hikmat dari Allah".

Nah kembali kepertanyaan pertama, mengapa Tuhan harus turun kedunia?

Semua jawaban tersebut telah Allah ilhamkan dalam Alkitab. Tuhan rela turun kedunia yang fana ini hanya karena Kasih-Nya terhadap manusia, makhluk ciptaan yang paling berharga dimata-Nya.. Ayat di bawah ini tidak asing lagi kita baca dan dengarkan, bahkan mungkin ayat di bawah ini menjadi ayat favorit atau ayat hafalan waktu kita di sekolah minggu dulu.. :D

Demikian Tuhan Yesus berkata :

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak- Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16)

Ya, memang dunia telah kehilangan kemuliaan di hadapan Allah akibat "kejatuhan akan dosa" sejak manusia pertama.. Namun karena kasih-Nya, Allah menghendaki manusia memperoleh keselamatan dan pengetahuan akan kebenaran Allah.

1 Timotius 2:3-4

Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

Allah merancangkan suatu karya yang besar karena Allah sangat mengasihi manusia.. Allah kemudian mengutus pribadi Firman-Nya yaitu Yesus Kristus untuk turun dan merendahkan diri-Nya didalam dunia yang fana ini serta berkomunikasi dengan manusia secara langsung, mengajar dan mencontohkan teladan-teladan yang baik yang harus kita teladani agar supaya kita mengerti apa yang Tuhan inginkan. Salah satu keinginan Allah yaitu agar manusia tidak binasa dalam maut melainkan memperoleh "hidup kekal di sorga" dalam artian yaitu bahwa Allah tidak menginginkan kita binasa akibat dosa..

Lalu bagaimana kita memperoleh kehidupan kekal tersebut ?

Jawabannya ada dalam Yohanes 3:16 diatas yaitu dengan syarat percaya kepada Yesus sang Juruselamat.. Dengan sangat jelas Tuhan Yesus menyatakan dengan jelas tujuan Allah mengutus pribadi Firman-Nya yaitu Anak-Nya yang Tunggal Yesus Kristus untuk datang menyelamatkan manusia.. Sekali lagi, hanya oleh karena Kasih-Nya terhadap manusia maka Allah mengtus Anak-Nya untuk turun kedunia, dan hanya oleh karena Kasih-Nya juga maka Ia menganugerahkan keselamatan kepada manusia lewat pengorbanan Anak-Nya Kristus Yesus.

Pertanyaan kedua, lalu mengapa Yesus yang adalah Tuhan harus mati untuk menyelamatkan manusia?

Pengorbanan Yesus adalah puncak dari karya Allah yang dahsyat tersebut yaitu melepaskan manusia dari belenggu dosa.. Iblis dan kuasa dosa telah dikalahkan dengan darah penebusan Anak domba Allah yang tercurah diatas kayu salib. Dosa manusia harus ditebus karena dosa adalah tembok pemisah antara hubungan Allah dan manusia.. Yesus mengorbankan diri-Nya dikayu salib untuk meperdamaikan dan menghancurkan tembok pemisah antara Allah dan manusia yaitu dosa.. Akibat dosa, manusia dalam kondisi rusak secara rohani, dan manusia membutuhkan penebusan tapi manusia tidak bisa menebus diri sendiri, karena hanya Allah saja yang bisa menyelamatkan manusia dari dosa. Manusia telah jatuh kedalam dosa dan kehilangan kemuliaan dihadapan Allah, namun karena kasih-Nya yang begitu besar kepada manusia, mendorong-Nya untuk menjadi manusia hanya untuk melakukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh Dia, yaitu menyelamatkan umat manusia.

Yesaya 43:11

Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Jadi sudah jelas bukan, mengapa Allah harus mengutus Anak-Nya untuk mengorbankan diri-Nya di kayu salib yaitu karena hanya Allah saja yang bisa menyelamatkan manusia dari dosa.. Yesus adalah perantara yang membawa perdamaian antara Allah dan manusia yaitu dengan menjadi korban penebusan sekali untuk selamanya, sehingga manusia bisa menerima kemuliaan Tuhan untuk memperoleh hidup yang kekal. Tuhan telah membatasi semua di bawah kuasa dosa, bahwa janji keselamatan oleh iman dalam Yesus Kristus diberikan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Allah tidak mengutus malaikat- Nya atau siapapun juga untuk menyelamatkan manusia, melainkan Allah sendiri dalam pribadi Anak-Nya Yesus Kristus, turun dari sorga untuk menyelamatkan manusia.

Yohanes 6:38

"Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku."

Nah teman-teman, mungkin sekarang pertanyaan teman-teman sudah dijawab Allah melalui Firman-Nya didalam Alkitab.. Nah, sekarang bagaimana seandainya jika Allah bertanya balik kepada teman-teman seperti ini :

- Apakah kalian pernah menghargai pengorbanan-Ku dikayu salib dan karya keselamatan yang telah Kuberikan kepada kalian?
- Apakah kalian sadar bahwa Aku melakukan semuanya itu bukan untuk diri-Ku melainkan untuk kamu sekalian yang Aku kasihi ?
- Lalu mengapa kamu masih saja berlarut-larut dalam dosa dan pelanggaranmu?

Apa pun jawaban teman-teman, jawablah kepada Allah dalam doa dengan penuh kerendahan..

Source :

http://m.facebook.com/photo.php?fbid=341955189225933&id=266003703487749&set=a.329853697102749.80050.266003703487749&relevant_count=1&refid=20&_ft_=fbid.341955202559265

Translate