Sabtu, 09 Agustus 2014

Bank yang Cocok Untuk Mahasiswa

Banyak bank yang telah menawarkan berbagai kelebihan apabila kita menyimpan uang di bank tersebut. Kelebihan-kelebihan tersebut tentunya harus kita telaah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Terlebih lagi mahasiswa, yang tentunya ingin menabung di suatu bank dengan fitur yang komplit dan dengan biaya pengeluaran yang sekecil-kecilnya. Di sini saya tidak menganjurkan Anda untuk memilih di bank A atau bank B, namun saya di sini mau memberikan sedikit pengalaman saya dalam memilih tabungan yang pas untuk menyimpan uang dengan fitur yang cukup komplit dan biaya yang tidak terlalu mahal.


Dalam urusan menabung di bank saya lebih percaya kepada bank BNI dikarenakan banknya telah memiliki kerjasama antar berbagai universitas yang ada di Indonesia. Terlebih lagi di tempat kuliah saya banyak terdapat ATM yang mempermudah pengambilan uang. Jenis produk tabungan yang saya gunakan adalah Taplus Muda. Jenis tabungan Taplus Muda ini diberikan kepada masyarakat yang berada pada usia 17-25 tahun atau pada usia mahasiswa sekarang. Pada jenis produk ini kita mendapat fitur yang hampir sama dengan produk bank lainnya yaitu seperti mendapat pelayanan Kartu ATM, I-banking, Sms Banking, Phone Banking, dll. Tentu hal tersebut sangat diperlukan oleh mahasiswa pada umumnya. Urusan biaya administrasi, Taplus Muda memiliki administrasi yang relatif murah yaitu sebesar Rp5.000 per bulan. Syarat dalam pembuatan tabungan Taplus Muda ini hanya dengan membawa KTP dan/atau Kartu Pelajar dan tabungan akan segera dibuat. Dalam hal biaya penyetoran awal, cukup dengan menyetor uang sebesar Rp100.000. Namun, pada pembuatan tabungan ini, uang Anda sebesar Rp50.000 akan di lock sehingga saldo Anda yang tersisa hanya Rp50.000, dan uang tersebut akan  di unlock jika kita telah berusia 25 tahun.

Jenis tabungan lain yang telah saya coba adalah saudara kembar BNI, yaitu BNI Syariah. Menurut saya dengan adanya sistem perbankan Syariah dapat lebih menguntungkan karena rata-rata bank yang berbasis Syariah tidak memiliki biaya administrasi bulanan sehingga uang kita di bank akan tetap utuh. Kelebihan dari bank BNI Syariah ini adalah bahwa kita mendapatkan fitur yang hampir sama juga dengan bank-bank lain yaitu adanya Kartu ATM, I-banking, Sms Banking, Phone Banking, dll. Kelebihan lain yang dimiliki oleh bank BNI Syariah adalah bahwa jaringan ATM yang dimiliki bank BNI Syariah adalah sama dengan jaringan ATM yang dimiliki oleh bank BNI, sehingga untuk urusan pengambilan uang di ATM, kita dapat melakukannya di ATM milik BNI atau milik BNI Syariah secara gratis. Untuk biaya administrasi perbulan, bank BNI Syariah tidak menerapkannya alias gratis. Syarat pembuatan Tabungan di BNI Syariah adalah hanya dengan memberikan identitas seperti KTP. Untuk urusan biaya penyetoran awal, kita hanya melakukan penyetoran awal sebesar Rp100.000 dan akan dikenakan biaya Rp20.000 untuk biaya penutupan rekening sehingga saldo kita nanti sebesar Rp80.000. Biaya lainnya yang diterapkan adalah biaya pembuatan ATM sebesar Rp5.000. Sehingga kita harus membayar pada awal pembuatan tabungan sebesar Rp105.000.

Demikian pengalaman mengenai pembuatan buku tabungan dan Anda dapat mencoba membuat buku tabungan bank lain selain yang saya sebutkan. Namun sebelumnya Anda perlu melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing bank yang bersangkutan, sehingga nantinya dapat menguntungkan Anda.

Translate